Cara Daftar dan Aktivasi OVO Paylater di Tokopedia

Dana Anda terbatas sementara hasrat belanja  belum terpuaskan? Sepertinya Anda perlu mengetahui cara daftar aktivasi OVO Paylater Tokopedia sebagai solusi permasalahan Anda. Ini benar-benar solusi yang tepat bagi Anda agar tetap bisa berbelanja, sekalipun dana belum cukup untuk mengcover semua biaya.

Bagi Anda yang sering berbelanja, tentunya Anda sudah tak asing lagi dengan istilah OVO Paylater. Seperti telah dijelaskan secara singkat dalam paragraph di atas, OVO Paylater merupakan sebuah aplikasi yang membantu konsumen untuk berbelanja terlebih dahulu dan membayar kemudian.

Fitur ini adalah hasil dari kerjasama Tokopedia dengan Taralite agar memungkinkan konsumennya tetap nyaman berbelanja tanpa terkendala biaya. Program ini resmi diluncurkan pada Januari 2019 lalu. Nah, bagaimana cara daftar aktivasi OVO Paylater Tokopedia ini? Berikut penjelasannya secara detail.

  • Buka aplikasi Tokopedia. Jika belum punya, Anda bisa mengunduhnya melalui Play Store. Login dengan akun Anda, jika belum ada akun Tokopedia, Anda bisa lebih dahulu mendaftar menggunakan email atau nomor telepon.
  • Jika Anda sudah berhasil login ke aplikasi Tokopedia, klik tombol akun yang tersedia.

  • Cari logo OVO Paylater pada menu Tokopedia Pay. Klik Aktifkan Sekarang. Akan muncul halaman OVO Paylater pada layar ponsel Anda sekaligus penjelasan singkat keuntungan menggunakannya. Tekan tombol Aktifkan Sekarang.

  • Tunggu beberapa saat, pihak OVO akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor Anda. Masukkan kode verifikasi yang sudah sudah dikirimkan melalui SMS.

  • Lengkapi data diri Anda.
  • Langkah pertama untuk melengkapi data diri adalah dengan mengupload KTP Anda. Pastikan foto KTP yang Anda upload jelas, tidak buram, dan mencakup seluruh bagian KTP.

  • Selanjutnya, upload foto selfie bersama KTP asli Anda. Pastikan seluruh bagian wajah dan KTP Anda dapat tercakup sepenuhnya dalam bingkai foto yang diambil. Foto yang dikirimkan harus foto asli, bukan hasil editan.

  • Upload foto NPWP Anda (jika punya). Namun opsi ini bersifat opsional, jadi Anda bebas hendak mengisi atau melewati langkah ini.

  • Klik Lanjutkan
  • Isi informasi pribadi Anda dengan jelas dan benar. Nama lengkap dan nomor NIK sesuai KTP. Kontak yang bisa dihubungi, baik nomor telepon atau pun email pribadi. Lengkapi data mengenai alamat tempat tinggal sesuai informasi yang ada di KTP.

Centang tombol Domisili sama dengan di KTP jika memang Anda masih menempati daerah yang sama, lewati jika Anda sudah pindah ke daerah lain. Selanjutnya, Anda perlu mengisi data mengenai informasi keuangan Anda. Isikan data dengan sejujur-jujurnya agar tak menyulitkan di kemudian hari. Lengkapi pula informasi referensi dengan memasukkan kontak orang terdekat Anda. Jika semuanya sudah selesai centang kolom persetujuan dan klik Ajukan.

  • Sekarang, Anda akan masuk pada halaman perjanjian pinjaman. Baca dengan seksama dan pahami poin-poin penting dalam perjanjian ini. Jika sudah memahami keseluruhan pasalnya klik tombol Setujui.
  • Setelah itu Anda harus sabar menunggu proses aktivasi. Biasanya proses ini memakan waktu kurang lebih satu jam. Anda dapat memastikan pengajuan Anda telah diproses dengan mengecek kembali aplikasi di Tokopedia. Jika berhasil tombol Aktifkan sekarang pada logo OVO Paylater akan hilang.

  • Saat pengajuan OVO Paylater Anda sudah dikonfirmasi dan diterima, Anda akan mendapati tampilan halaman seperti ini.

Nah, sekarang OVO Paylater di akun Anda sudah bisa digunakan. Anda bisa menggunakannya untuk membayar belanjaan ataupun tagihan hanya dengan mengklik tombol OVO Paylater saat pembayaran.

Anda pun bisa memonitor pengeluaran dengan mengecek laporan pemakaian yang dikirim tiap tanggal 27 ke alamat email Anda. Atau, Anda pun bisa langsung mengeceknya melalui halaman OVO Paylater. Jangan lupa, Anda wajib membayar tagihan ini pada tanggal 1 tiap bulannya ya.

Demikian tutorial cara daftar aktivasi OVO Paylater di Tokopedia yang bisa Anda coba. Semoga berhasil.